Kamis, 12 November 2009

Kopling Suzuki Karimun : Masalah dan Solusi

1. Susah masuk gigi persneling baik saat mesin dimatikan maupun di hidupkan : hal ini berarti terdapat kesalahan pada sistem mekanik pengoper gigi hal ini dapat berupa tongkat yang sudah oblak, sift cable atau kabel gigi yang sudah rusak atau putus atau mekanisme pengoper gigi didalam gearbox.

2. Kopling susah masuk gigi hanya pada saat mesin di hidupkan atau dinyalakan, namun mudah jika mesin dimatikan : dalam hal ini ada 2 kemungkinan kerusakan yang pertama adalah Kerusakan terjadi pada mekanisme pendorong clutch release bearing yaitu : master kopling atas bawah, atau kabel kopling yang masih menggunakan kabel, Fork/garpu kopling retak, bushing fork dan atau clutch release bearing atau drek lahar itu sendiri. Kemungkinan yang kedua adalah kerusakan terjadi pada Clutch cover atau dekrup, biasanya ada ciri2 tambahan jika kerusakan terjadi pada dekrup anda yaitu biasanya akan lebih susah masuk gigi lagi setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh atau kondisi dekrup sudah panas, gigi akan semakin susah di pindahkan.

3. Kopling bergetar saat pertama mau jalan : 90% hal ini terjadi karena penggunaan Clutch disc atau plat kopling yang kurang bagus (pantekan atau imitasi murahan), 10% fly wheel bergelombang.

4. Suara mesin besar (rpm tinggi) tapi mobil ga mau lari (acceleration kurang) : 80% hal ini terjadi karena platkopling anda sudah tipis, dan lebih parah lagi akan timbul bau "sangit" ketika kita memaksa untuk accelerasi. 20% Fly wheel aus atau "legok" hal ini biasanya terjadi karena penggunaan plat kopling yang kurang bagus bahanya (imitasi).

5. Terdengar suara2 dari transmisi : ada beberapa jenis suara yang mungkin timbul dalam transmisi antaralain :
a. Bunyi Clutch release Bearing = bunyi dari drek lahar ini akan terdengar ketika kita menginjak kopling saat mesin hidup, dan akan hilang suaranya ketika kita melepas kopling.

b. Bunyi Pilot bearing = Akan terdengar saat mesin dihidupkan meskipun kita menginjak kopling atau tidak.

c. Bunyi pada saat jalan = jika kedua bunyi diatas dapat didengar tanpa pergerakan kendaraan, jenis bunyi yang ketiga ini hanya dapat didengar pada saat kendaraan melakukan pergerakan. Bunyi ini berasal dari bearing didalam gearbox anda.

d. Bunyi mendesing pada gigi tertentu = hal ini terjadi karena terdapat kerusakan pada pasangan gigi yang bunyi tersebut kemungkinan gigi sudah aus atau rompal sehingga memberikan rongga udara yang dapat menimbulkan bunyi mendesing.

Salah satu masalah yang sering timbul pada transmisi manual kendaraan adalah susahnya perpindahan gigi dilakukan atau bahasa awamnya gigi susah masuk...


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kita bisa menganalisa sumber penyakit tersebut :

1. Kapan gigi tersebut susah berpindah :
a Saat mesin hidup saja ...
b Saat mesin mati dan hidup
c Saat mesin hidup dan sudah menempuh perjalanan panjang...(lebih dari10km)

2. Gigi berapa saja yang susah berpindah :
a Semua gigi
b Hanya gigi terentu saja.

3. Apakah ada bunyi-bunyi tertentu saat terjadi susah pindah gigi.....hal ini berguna sebagai informasi tambahan untuk menelusuri masalah transmisi yang sedang terjadi.

Nah jika sudah diperhatikan gejala2 di atas maka dapat dilakukan smart guessing sumber masalah transmisi anda...

1. Jika 1.a dan 2.a maka kemungkinan kerusakan adalah :
- Clutch cover atau matahari sudah lemah
- Master kopling bocor atau kabel kopling kurang setel
- Masalah di garpu kopling atau drek lahar atau mekanisme penekan clucth cover yang lain.

2. Jika 1.a dan 2.b maka kemungkinan kerusakan adalah :
- gigi syncronize gigi tertentu sudah aus
- key syncronize gigi tertentu sudah aus sehingga tidak pada tempatnya lagi
- Mekanismen pengoper didalam gearbox transmisi tidak berfungsi dengan benar

3. Jika 1.b dan 2.a maka kemungkinan kerusakan adalah :
- Mekanisme pemindah gigi dapat berupa tongkat yang aus, bushing tongkat yang sudah aus, kabel gigi yang sudah putus dll. Yang berhubungan dengan mekanisme pengoper.

4. Jika 1.b dan 2.b maka kemungkinan kerusakan adalah :
- Mekanisme pemindah gigi dapat berupa tongkat yang aus, bushingtongkat yang sudah aus, kabel gigi yang sudah putus dll. Yang berhubungan dengan mekanisme pengoper.
- key syncronize gigi tertentu sudah aus sehingga tidak pada tempatnya lagi
- Mekanismen pengoper didalam gearbox transmisi tidak berfungsi dengan benar

5. Jika 1.c dan 2.a maka kemungkinan kerusakan adalah :
- Dekrup atau clutch cover telah melemah..terlebih lagi jika telah menempuh perjalanan jauh sehingga panas..dengan semakin panas maka kemampuan pegas nya berkurang sehingga tidak dapat bekerja sebagaimana mustinya.

Kopling sebaiknya diganti 1 set, karena jika komponen lain tidak diganti akan menjadi masalah yang berkepanjangan.
komponen yang diganti :
1. Plat Kopling (600.000)
2. Dekrup / Plat matahari (500.000)
3. Bearing / Laher Shift Lever Fork (bearing tuas penekan plat kopling) (250.000)

4 komentar:

  1. terima kasih atas tipsnya mas unggul, kayaknya ini masalah utama karimun saya... :D

    BalasHapus
  2. mas unggul,
    sy ada mslah dengan kopling karimun, ketika dihidupkan dan digas di rpm 2000-30000 terdengar suara glodak glodak dari box kopling. begitu juga ketika gas dilepas suaranya makin keras. dalam keadaan langsam tidak terdengar, juga saat pedal kopling di injak dan digas suaranya hilang. sebulan lalu sy sudah ganti plat kopling dan matahari. mohon pencerahanya?

    trims, aguspizz

    BalasHapus
  3. Jika pedal gas ditekan suara nya hilang kemungkinan besar ada kerusakan pada release bearingnya karena release bearing ini memang part yaang tipis bukan terbuat dari besi metal seperti lainnya sehingga lebih mudaj mengalami keausan, juga damper plat kopling kemungkimnan mengalami keausan juga.

    Mohon maaf buat teman2 yang lain yg belum sempat saya balas karena memang saya jarang mengupdate blog saya. Jika ingin menanyakan seputar masalah karimun, silahkan joint dengan saya di Komunitas Karimun Kaskus di link berikut :
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10363836

    Salam

    BalasHapus
  4. Om Unggul mau tanya, kalo gejalanya bunyi berdecit kayak tali kipas/belt gitu pas lg mundur apa ya, ohiya masuk ke gigi mundur juga susah, kek kalo ampas kopling abis gitu
    Mohon masukannya ya om, trims

    Salam,
    Putra

    BalasHapus