Senin, 19 Oktober 2009

Sekelumit Tentang Karburator

Karburator sangat diperlukan oleh kendaraan bermotor. Dengan karburator kendaraan dapat berjalan/ hidup. Adapun rangkaiannya adalah klep udara berguna untuk membuat gas karena dicampur dengan karburator dan memudahkan penghidupan motor pada saat motor dingin dan sulit distart.
Pengabut berguna untuk mempercepat geraknya udara yang akan masuk ke karburator sehingga udara dan bensin dapat bercampur menjadi gas. Dan masih banyak lagi fungsi dari alat-alat yang ada dalam karburator.

TEORI

Tenaga Motor Bensin
Tenaga motor bensin diperoleh dari pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder, udara dan bahan bakar dicampurkan menurut kondisi tertentu di dalam karburator, sebagai tenaga maka sebelumnya memasuki silinder atau bahan bakar dengan daya besar dan ekonomis. Keadaan campuran bensin dan udara sangat berpengaruh terhadap kemampuan motor dan pemakaian bahan bakar. Dewasa ini terdapat beberapa macam karburator yang mana dimaksudkan untuk memperoleh kesempurnaan dalam pembentukan campuran di dalam pembakaran silinder motor.

Fungsi Karburator
Fungsi karburator yaitu untuk mengatur perbandingan antara udara yang akan dicampurkan dengan bahan bakar serta mengubah campuran tersebut menjadi kabut dan menambah atau mengurangi jumlah campuran tersebut dengan kecepatan dan beban motor yang berubah-ubah.

Fungsi Bagian-Bagian
Pengabut berfungsi untuk mempercepat gerakan udara yang masuk karburator sehingga bensin dan udara dapat bercampur dengan baik.
Klep udara berguna untuk memudahkan dalam menghidupkan motor pada saat mesin dingin dan sulit distart.
Klep gas berguna untuk mengatur banyaknya bahan bakar gas yang masuk ke dalam silinder atau mengatur putaran motor sebagai pedal gas.
Klep choke otomatis berguna untuk mengurangi masuknya udara selama klep choke tertutup sehingga yang masuk ke dalam silinder kebanyakan hanya bahan bakar dan tidak teratur setelan gasnya dan mesi akan mati bila tidak digas.
Ruang pengapung berguna untuk penyediaan bensin dalam karburator.
Pengapung berguna untuk mengatur bahan bakar yang masuk ke dalam karburator, apabila pengapung turun maka bensin akan masuk dan begitu pula sebaliknya.
Jarum pengapung berguna untuk pintu masuknya bahan bakar ke dalam ruang pengapung.
Pemancar utama berguna untuk memancarkan bensin selama mesin atau motor hidup.
Jarum gas skep karburator berguna untuk mengatur banyak sedikitnya campuran yang masuk ke dalam dapur pacu sesuai kehendak penggunanya.

Cara Kerja Karburator
Sewaktu ruang pengapung kosong, keadaan pengapung berada di bawah, jarum pengapung pengatur aliran bensin membuka saluran, maka bensin dapat mengalir ke kamar pengapung dan memasuki sepuyer-sepuyer.
Setelah kamar pengapung penuh, pengapung berada di atas sehingga pengapung menutup jarum pengapung.
Sewaktu piston cilinder turun, maka bensin dari karburator akan masuk ke dalam dapur pacu melalui manifold. Bensin yang bercampur dengan udara tersebut telah siap dibakar karena campuran yang sudah matang.

PERBAIKAN KOMPONEN KARBURATOR


a. Gangguan Pada Karburator
i. Gangguan pada karburator mobil, sering terjadi akibat setelan gas dan angin (udara) tidak seimbang, sehingga mesin sering mati atau terjadi letusan terlalu besar pada knalpot, atau suara mesin tersendat-sendat, apabila terjadi seperti ini segeralah diperbaiki dengan cara membersihkan karburator dan menyeimbangkan antara setelan angin dan bahan bakar.

b. Cara Pemeriksaan Gangguan
i. Cara pemeriksaan gangguan yaitu dengan cara menghidupkan mesin apabila mesin tersebut mengalami gangguan seperti :

Bensin tidak mengalir
1. Bensin pada tangki habis, maka segeralah isi bensin tersebut, tapi kalau pada tangki tidak habis biasanya filter bensin kotor atau pada selang bensin tersumbat apabila mesin tersumbat biasanya rotag bensin rusak.
2. Pompa bensin tidak bekerja, letak gangguan :
a. Mimbran sobek/ rusak
b. Klep desak rusak
c. Kerusakan mekanik pompa/ aliran listrik
Bila bahan bakar dapat mengalir maka pompa dapat bekerja, maka letak gangguannya biasanya pada karburator.
1. Sepuyer-sepuyer bensin maupun udara tersumbat
2. Bensin pada ruang pengapung kotor
3. Campuran gas antara bahan bakar dengan udara tidak seimbang sehingga mesin tersendat-sendat.
4. Sepuyer-sepuyer melebihi ukuran/ perpack bocor
5. dll.

c. Cara Mengatasi
Buka karburator dan bersihkan sepuyer-sepuyer dengan bensin dan semprot dengan angin agar tidak tersumbat, sehingga bensin lancar melewati sepuyer tersebut.
bersihkan ruang pengapung tersebut dari biasanya kotoran-kotoran tersebut adalah debu dan air, agar tidak menyumbat sepuyer-sepuyer.
Baut pengatur udara distel, caranya menyetel yaitu dengan cara menghidupkan mesin dan meyetel angin sesuai kehendak kita, lalu setelah sesuai baru stelan bahan bakar diseimbangkan dengan stelan udara sehingga mesin hidup seimbang.
Apabila sepuyer-sepuyer melebihi ukuran segera ganti agar bahan bakar tidak terlalu boros karena sepuyer-sepuyer yang melebihi ukuran mempengaruhi boro/ tidaknya bensin. Perpack yang sudah rusak segera diganti agar bensin dalam karburator tidak bocor.

Gangguan lain dari Karburator
a. Terjadi banjir (kebanjiran bahan bakar pada karburator)
b. Banjir merupakan sumber kesalahannya, maka hal-hal berikut ini dilaksanakan terlebih dahulu sebelum mesin distart.
i. Keluarkan bensin dari ruang pengapung dengan cara membuka buat pada samping luar ruang pengapung agar tidak banyak bensin yang banjir.
ii. Periksa apakah tanda batas maksimal bensin pada karburaotor :
1. Normal
2. Terlalu tinggi
3. Terlalu rendah
Apabila terlau tinggi, direndahkan sampai mencapai normal begitu pula sebaliknya.’

TIP DAN TRIK KARBURATOR

Bila mobil berjalan kemudian motor menjadi mati sewaktu gas diperbesar/ diperkecil atau matinya diikuti dengan letupan-letupan pada karburator dan knalpot itu menunjukkan adanya gangguan pada karburator, maka periksalah filter bahan bakar dan stelan campuran udara dengan bahan bakar sampai seimbang.
Biasanya gangguan pada karburator sering terjadi akibat tersumbatnya sepuyer-sepuyer pada karburator dan tidak seimbangnya anfard dan bahan bakar, maka segeralah bersihkan karburator dari debu-debu dan air pada karburator.

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan
a. Karburator adalah pengatur bahan bakar yang akan masuk ke dalam dapur pacu, tanpa karburator mesin tidak dapat hidup. Jadi karburator harus selalu siap digunakan apabila mesin akan hidup, jangan merubah stelan angin pada karburator apabila tidak mengerti.
b. Karburator adalah percampuran bahan bakar dengan udara dengan cara menyemprotkan tapi hampir menjadi gas, tapi kelemahan karburator adalah campuran antara bahan bakar dengan udara kurang sempurna apabila dibandingkan dengan EFI.

Saran
a. Karburator harus selalu dirawat dengan baik agar cara kerjanya tidak berubah.
b. Sering-seringlah menyervice karburator agar awet dan dapat bekerja dengan baik.
c. Gunakanlah selalu suku cadang yang asli.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar