Senin, 11 Juli 2011

Menanggulangi Bunyi "Klutukan" di steering Rack Suzuki Karimun

Penyakit kaki-kaki yang ditandai bunyi "klutukan" ketika melewati jalan tidak rata sering dialami oleh pemilik/pengguna Suzuki Karimun. Penyakit ini disebabkan dengan ausnya Rack Plunger Karimun (oblag/pecah) sehingga akan menimbulkan bunyi yang sangat-sangat kurang nyaman di telinga ditambah lagi pada steering rack Karimun sebelah kanan tidak dilengkapi oleh bushing seperti pada steering rack sebelah kiri sehingga makin memperparah suara berisik.
Untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan mengganti rack plunger SGP yang terbuat dari plastik (lebih mudah aus/rusak) dengan rack plunger aftermarket yang terbuat dari Teflon sehingga diharapkan dengan penggantian part tersebut bisa diminimalisir keausan yang terjadi pada steering reck. Untuk meyempurnakan penggantian rack plunger tersebut, dibuatkan juga bushing steerig rack sebelah kanan menggunakan bahan teflon sehingga steering rack dapat lebih handal dan awet jika sering melewati jalan tidak rata.

Dibawah ini penampakan Rack Plunger SGP dan Rack Plung serta Bushing Steering Rack aftermarket yang terbuat dari teflon



Dimana part-part tersebut dipasang?

DISINI
:




Harga part-part dan jasa pemasangan untuk Suzuki Karimun adalah sebesar 350 - 400 rb (jika tidak ada perubahan harga dalam biaya pembuatan bahan). Bagi yang berminat untuk memperbaiki bunyi klutukan tersebut, silahkan hadir di jadwal ngoprek bareng NSS Bekasi yang bisa dilihat di FB "NSS Bekasi".
Lama pengerjaan sekitar 2.5 - 3 jam

Salam

4 komentar:

  1. Pak itu untuk karimun estilo atau mumun klasik? Kalau u karlo berapa duit? tolong email ke tijuana.lambardo@gmail.com

    BalasHapus
  2. Selamat sore Pak Unggul , maaf saya kurang bisa buka email di komputer , kalau bpk tdk keberatan bisa sms no hp pak Unggul ke hp saya di 0877 8001 4234 , sy berminat mengganti / memperbaiki bunyi di kaki2 mobil karimun saya thn. 2004. Tks sebelumnya . Dwi Prabowo (Cinere).

    BalasHapus
  3. bisa konfirmai ke saya via email di unggul.pri@gmail.com

    salam

    BalasHapus
  4. Terima kasih pak Unggul, sangat membantu..
    Apakah parts tersebut tersedia di toko sprepart biasa atau khusus..?
    Kalau untuk wilayah Riau, apakah ada toko parts yang menyediakan..
    Sekali lagi terima kasih pak

    BalasHapus