Sabtu, 29 Oktober 2011

Deteksi Kerusakan Kaki-kaki Suzuki Karimun

Banyak teman2 yang sering mengeluh timbulnya bunyi-bunyian (berisik) di kaki-kaki Suzuki Karimun. Karena sangat kompleksnya part-part kaki-kaki karimun maka jika terjadi kerusakan pada part-part kaki-kaki karimun perlu dilakukan pengecheckan secara detail disetiap part kaki-kaki.

Penyebab bunyi-bunyian di kaki-kaki Suzuki Karimun antara lain disebabkan oleh :

1. Rusak/ausnya Balljoint
Cara mendeteksinya adalah sebagai berikut :


2. Rusak/ausnya Tie-rod

Cara mendeteksinya adalah sebagai berikut :



3. Rusak/ausnya Karet Support Shock absorber (S/A)
Cara mendeteksinya adalah sebagai berikut :





4. Rusak/ausnya Steering Rack
Cara mendeteksinya adalah sbb :
1. Buka kap mesin
2. Lepas kabel Koil ke Distributor
3. Pegang kuat-kuat batang steering rack Karimun (gunakan sarung tangan) lalu goyangkan kuat-kuat steering rack tersebut.

JIka ada yang belum tahu batang steering rack mana yang akan kita check, ini penampakannya :


Ketika steering rack kita goyang dengan kuat (sekuat yang bisa anda lakukan) terasa ada gap/sela walau sedikit saja, maka dapat dipastikan ada kerusakan pada part-part steering rack sehingga menyebabkan benturan antar logam sehingga suara klutukan terdengar jelas sampai ke kabin

SOLUSI :
Solusi dari masalah steering rack tentu saja dengan mengganti part-part steering rack juga menambahkan part-part yang seharusnya ada tetapi ternyata TIDAK ADA!

Detailnya bisa dilihat di postingan dibawah/sebelumnya dengan title/judul "Menanggulangi Bunyi "Klutukan" di steering Rack Suzuki Karimun"

Semoga bermanfaat

7 komentar:

  1. Tips yg sangat bermanfaat gan.. Kalau karimun ane terkadang kalau lepas steer cenderung belok sendiri ke kanan atau ke kiri, kmgkinan ada kerusakan di bagian apa y? Trus steer kadang terasa sangat berat, lampu EPS kadang nyala, tp kadang jg mati ketika berat..

    BalasHapus
  2. Kemungkinakan kerusakan pada plunger, plunger tidak bergerak tepat pada gerigi2 as rack steer, solusinya ganti rack plunger sekalian dengan menambahkan rack bushing kanan yg memang tidak dari aslinya. Steer berat bisa disetel dengan cara mengendurkan baut plunger menggunakan kunci 17

    salam

    BalasHapus
  3. Tips oke banget gan. sepertinya penyakit karimun saya seperti ini. Apakah ada rekomendasi bengkel untuk karimun di jakarta timur. terima kasih sblmnya.

    BalasHapus
  4. Selamat sore Mas Unggul , sepertinya mobil Suzuki Karimun saya Thn.2004 mempunyai masalah di kaki kaki , semua uraian Mas Unggul sdh saya baca , bagaimana klo saya mau order perbaikan kaki2 tsb ke Mas Unggul .. boleh minta no HP Mas ? No HP saya 0877 8001 4234 / 021 9988 1808 (Bob Dwi Prabowo) .. utk semua uraian Mas Unggul saya ucapkan banyak terima kasih .. semoga masalah d mobil saya bisa teratasi .

    BalasHapus
  5. izin copas mas, ntuak buat proposal magang :D

    BalasHapus
  6. Yang ingin berdiskusi soal karimun, bisa kirim email ke saya unggul.pri@gmail.com

    salam

    BalasHapus
  7. malam mas unggul ,mau nanya kalau mau ganti long tie rod sebelah kiri apa harus diturunin (dilepas ) semua rak steringnya , thank's
    salam agus

    BalasHapus