Senin, 27 November 2017

Masalah oblag/getarnya tongkat persneling

Masalah oblag/getarnya tongkat persneling adalah masalah klasik yg sering terjadi di Suzuki karimun F10A.
Hal ini sering sekali disebabkan karena aus/rusaknya bushing shift control yang harganya cuma 35 rupiah/pc, kerusakan ini saya anggap wajar karena, pertama : bahan dasar (material) yang dipakai adalah plastik, kedua : bushing di batang shift control ini lokasi/posisinya berdekatan dan sejajar dengan pipa knalpot yang tentu saja sangat panas shg menyebabkan umur bushing menjadi lebih pendek.

Tidak cukup sampai disini, karena ausnya bushing tongkat persneling ini getarannya akan merembet sampai ke shaft gear shift sehingga menyebabkan oblag/longgarnya seal transmisi (Gear shift shaft oil Seal) dan oli transmisi rembes keluar (lihat gambar). Jika hal ini sampai terjadi maka siap2 merogoh kocek lebih dalam lagi.

Untuk meminimalisir hal tersebut, kudu dibuat part bushing tongkat persneling menggunakan bahan/material yg tahan terhadap minyak, grease, tahan benturan dan tentu saja harus tahan thd suhu/temperatur yg tinggi mengingat lokasinya yg berdekatan/sejajqr dgn pipa knalpot agar tidak timbul lagi masalah2 yg telah dijelaskan di atas

Alhamdulillah....DONE!!!

Menggunakan part custom atau standard (SGP) itu cuma pilihan. Silahkan pakai sesuai keinginan masing2

Bushing tongkat persneling

Shaft gear shift & Gear shift shaft oil Seal

Bushing Tongkat persneling SGP

Rembesnya Oli transmisi

Panas dari pipa knalpot membuat bushing mudah retak




Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar